Variasi Dokumen Pengolah Kata
A.
Menyisipkan Tabel
ü Membuat tabel baru
Untuk menambahkan tabel ke dalam dokumen word
langkah-langkahnya;
a.
Klik tab insert lalu klik ikon Table pada grup ikojn
Tables.
b.
Lalu soror banyaknya kolom dan baris yang akan
disipkan.
c.
Apabila kolom dan baris pada tabel yang disipkan dalsm
jumlah banyak, maka setelah menekan ikon table dilakukan dengan menekan insert
table yang akan menampilkan kotak dialog insert table.
1.
Pada number of columns, tentukan banyak kolom yang
akan disipkan.
2.
Pada number of rows, tentukan banyak baris yang akan
disisipkan.
d.
Tabel baru akan ditambahkan pada dokumen.
ü Menyisipkan baris atau kolom baru
Apabila dalam tabel yang tekah dibuat terdapat kekurangan
baris atau kolom maka ia dapat menyisipkan kolom atu baris baru.
a.
Sorot kolom/baris pada tabel yang akan disisipi dengan
kolom atau baris baru.
b.
Pada Table Tools, klik tab Layout. Pada grup Rows
& Columns kita dapat memilih pilihan berikut:
1.
Insert Above untuk menyisipkan baris baru diatas baris
yang disorot.
2.
Insert Below untuk menyisipkan baris baru dibawah
baris yang disorot.
3.
Insert Left untuk menyisipkan baris baru diatas baris
yang disorot.
4.
Insert insert Below untuk menyisipkan baris baru
dibawah baris yang disorot.
ü Menghapus sel, baris, kolom atau tabel
Apabila dalam tabel yang kita buat ada kelebihan sel,
baris ataupun kolom, maka kita bisa menghapusnya dengan cara:
a.
Sorot kolom atau baris yang akan dibuang.
b.
Pada Table Tools, klik Tab Layout. Pada grup Rows
& Columns, klik perintah deete dan kita dapat memilih pilihan berikut:
1.
Delete Cells untuk menghapus sel yang ditempati
insertion point.
2.
Delete Columns untuk mengapus kolom yang tersorot.
3.
Delete Rows untuk menghapus baris yang tersorot.
4.
Delete Table untuk mengahapus tabel yang ditempati
insertion point.
ü Merubah perataan teks pada setiap sel
Teks yang kita masukkan ke dalam tabel dapat kita atur
perataanya dengan menggunakan alligment pada tab Home di grup Paragraf.
Langkah-langkahnya:
a.
Sorot beberapa sel yang akan dirubah
perataan/posisinya.
b.
Pada Table Tools, di tab Layout dan grup Alligment,
kita dapat memilih dengan menekan salah satu bentuk perataan sesuai dengan yang
kita inginkan.
Untuk mengatur orientasi/arah teks pada tabel,
langkah-langkahnya:
a.
Sorot teks pada tabel yang akan dirubah orientasinya.
b.
Pada table tools di tab layout dan grup Alligment kita
dapat menekan perintah teks Direction dan lakukan beberapa kali sehingga arah
teks sesuai dengan keinginan kita.
ü Menggabungkan Sel
Untuk menggabungkan beberapa sel menjadi satu,
langkah-langkahnya:
a.
Sorot beberapa sel yang akan digabung.
b.
Klik perintah Merge Cells pada table tools, di tab
layout dan grup Merge.
ü Mengatur lebar baris atau kolom
Untuk mengatur ukuran baris atau kolom,
langkah-langkahnya:
a.
Sorot baris atau kolom yang akan diubah ukurannya.
b.
Klik tab Layout, pengaturan lebar baris dan kolom
terdapat pada Ribbon Cell Size.
B.
Menyisipkan Grafik
Dalam membuat naskah kadang-kadang diperlukan grafik untuk menggambarkan
suatu kondisi tertentu, misalnya grafik hasil penjualan. Berikut ini akan
dijelaskan langkah-langkahnya:
1.
Klik tab insert, sehingga muncul ikon-ikon untuk
pembuatan grafik, lalu klik Chart.
2.
Akan muncul Chart Type, yang berisi tipe-tipe grafik.
Pilih salah satu dengan klik.
3.
Akan muncul tampilan grafik dan jendela Excel.
4.
Setelah selesai klik ikon Close pada Excel. Grafik
pada dokumen Word kalian telah berganti.
C.
Menyisipkan Gambar
ü Menyisipkan ClipArt
ClipArt adalah gambar atau ilustrasi yang disediakan
Microsoft Word. Gambar-gambar ini dapat ditambahkan dalam teks sehingga
memperindah tampilan teks. Untuk menambahkan ClipArt, kalian dapat melakukan
langkah-langkah berikut:
a.
Klik menu insert kemudian klik ikon ClipArt.
b.
Lakukan klik pada kotak Organize Clips.
c.
Pada kotak Collection List, kamu dapat memilih sumber
ClipArt yang dapat kamu ambil.
ü Menyisipkan Gambar
Untuk menambahkan gambar dalam teks, kamu dapat
melakukan langkah-langkah berikut:
a.
Letakkan kursor di bagian dokumen yang kamu inginkan.
Klik menu insert, kemudian pilih Picture. Lanjutkan dengan memilih From File.
Selanjutnya akan muncul kotak dialog Insert Picture.
b.
Carilah letak gambar yang kamu inginkan pada kotak
Look in.
c.
Klik nama File gambar tersebut.
d.
Klik insert sehingga gambar menyisip dalam dokumen.
D.
Membuat Mail Merge
Mail merge atau
surat masal adalah salah satu fasilitas di Ms Word untuk mempermudah user melakukan
pekerjaan dengan hanya membuat satu format surat namun dengan berbagai tujuan
alamat dan nama yang berbeda. Tentu hal ini akan sangat mempermudah sekali
pekerjaan kita. Kita tidak perlu lagi mengetik satu persatu tujuan dan nama
alamat yang dituju, cukup hanya dengan mengetik daftar nama serta alamat yang
dikehendaki maka nama, alamat yang dibuat akan langsung bergabung atau merger
dengan format surat tadi.
Tidak hanya format surat saja kegunaan mail merge ini,
Jika kita mengetik dengan format yang sama atau blanko formulir yang sama namun
dengan isian yang berbeda, maka mail merge lah solusinya. Cukup buat format
blangko atau formulir yang dikehendaki dan membuat daftar isian formulir, maka
sudah cukup. Hasilnya, setiap isian dari formulir tersebut akan silih berganti
sesuai dengan daftar yang telah dibuat.
Untuk membuat mail merge berikut ini adalah
langkah-langkahnya :
1.
Buat
dokumen terlebih dahulu (bisa berupa surat, blangko formulir, atau dokumen yang
lain)
2.
Klik ribbon
Mailings kemudian klik Start Mail Merge, pilih Step by Step
Mail Merge Wizard
3.
Akan muncul
panel Mail Merge disebelah kanan jendela Word anda.
4.
Pada Select
document type pilih Letters kemudian klik Next pada bagian bawah
untuk melanjutkat.
5.
Pilih Use
the current document kemudian klik Next
6.
Pada
pilihan select recipients, jika anda belum membuat daftarnya pilih saja Type
a new list kemudian klik Create.
7.
Akan muncul
jendela New Address list. Untuk memudahkan pekerjaan kita nantinya
sebaiknya kolom yang ada dihapus kemudian dibuat kolom isian yang baru sesuai
dengan yang dibutuhkan.
a.
Klik Customize
columns
b.
Pilih filed
name kemudian klik tombol delete, sampai semua nama kolom terhapus.
c.
Untuk
membuat field name baru klik Add kemudian beri nama sesuai dengan
kebutuhan (seperti Nama, Alamat, dsb)
d.
Tambahkan
beberapa filed sesuai dengan kebutuhan anda.
e.
Jika dirasa
sudah cukup klik OK
f.
Muncul
jendela New address list. Masukkan data-data yang dibutuhkan sampai
selesai, kemudian klik OK
g.
Untuk
menghapus entry klik pada entry yang mau dihapus kemudian klik delete.
Untuk menambah entry baru klik pada new entry.
h.
Simpan pada
folder dimana tempat dokumen tersimpan kemudian klik Save.
i.
muncul
daftar list yang sudah siap untuk dimasukkan. Untuk memasukkan semua beri tanda
centang pada kotak yang ada, atau bisa anda pilih sendiri sesuai kebutuhan daftar
yang ada dengan menghilangkan tanda centang pada list tersebut.
8.
Klik Next :
Write your letter untuk melajutkan
9.
Sampai
disini kita akan memasukkan daftar field yang telah kita buat tadi untuk
dimasukkan pada dokumen. Arahkan kursor pada tempat filed diletakkan.
10.
Pada
pilihan write your letter, pilih More item
11.
Pada
jendela yang muncul pilih nama filed sesuai dengan dokumen kemudian klik insert.
12.
Ulangi
langkah diatas sampai data diisi dengan field yang sesuai. Sehingga tampilannya
akan seperti dibawah ini.
13.
kemudian
klik Next untuk melihat hasil merge data. Klik tanda panah kekanan atau
kekiri pada preview your letters untuk melihat hasil.
14.
Jika ada
yang masih salah datanya bisa diubah datanya pada edit recipient list. Jika
sudah cukup klik Next untuk complete the merger.
15.
Terdapat
dua pada pilihan complete merger yaitu Print dan Edit individual
letters. Jika anda pilih merger print, maka data merger akan langsung
dicetak melalui printer. Jika dipilih Edit individual letters maka data akan
ditampilkan pada beberapa halaman langsung di Ms Word. Silahkan pilih sesuai
kebutuhan.
0 comments:
Post a Comment