Program pengolah kata banyak
jenisnya, misal: Microsoft Word Wordpad, Notepad, Latex dan Open Office Writer,
dan masih banyak lagi. Dalam materi ini akan dibahas tentang Microsoft Word
2007.
Microsoft Word merupakan aplikasi program pengolah kata yang dikeluarkan oleh
perusahaan Microsoft yang mempunyai beberapa fungsi. Antara lain membuat surat
menyurat, membuat karya tulis, skripsi dan lain-lain. Keunggulannya adalah
mudah dalam pengoprasian, mudah memanajemen file dan fasilitas autorecovery
bila terjadi padam listrik, kualitas baik dan bagus dalam percetakan,
WYSIWYG (What You See Is What You Get), yaitu apa yang dilihat
di monito akan sam dengan hasil cetakan. Selain itu Microsoft Word juga dapat
melakukan pengiriman e-mail dan fax langsung terhubung dengan internet, mampu
menyisipkan gambar dan grafik ataupun objek lainnya yang membuat naskah
terlihat lebih menarik, serta memiliki kemampuan menyimpan file dalam bentuk
web.
Dengan menggunakan perangkat ini pekerjaan pengolah kata yang akan
kita lakukan akan lebih cepat dan mudah sehingga dapat menghemat waktu dan
tenaga. Ayo kita perdalam ilmu dengan mempelajari microsoft word. Tekunlah kamu
belajar agarkamu menjadi orang yang terampil.
A. Memulai Microsof Word 2007
Untuk memulai menggunakan
program pengolah kata Microsoft Word 2007 langkah-langkahnya adalah:
1. Klik Start pada Taskbar,
2.
Pilih All Program,
3. Pilih Microsoft Office,
4. Klik Microsoft Office Word 2007.
Cara lain untuk mengaktifakan
program pengolah kata Microsoft Word 2007 adalah dengan double klik ikon
shortcut Microsoft Office Word 2007 yang terdapat pada desktop.
Setelah kita klik Microsoft
Word 2007 maka CPU akan memproses perintah yang kita berikan untuk membuka
program Microsoft Word 2007.Sebagai tanda bahwa CPU telah melaksanakan perintah
yang kita berikan pada desktop akan ditampilkan jendela program Microsoft Word.
Bagian-bagian Microsoft Word
- Title Bar
Title Bar (baris judul) berisi informasi atau nama dokumen yang sedang dijalankan pada program Microsoft word 2007. - Office Button
Merupakan tombol untuk mengaktifkan berbagai macam menu perintah. - Quick Access Toolbar
Berisi tentang tombol-tombol menu yang digunakan uintuk memoercepat
perintah dalam pengerjaan dokumen. Tombol-tombol pada Quick Access Toolbar
merupakan shortcut dari perintah yang ada di Office Button.
- Option Bar
Merupakan deretan ikon untuk mengatur jendela program. Ikon pada Option Bar
adalah :
a. Minimize: untuk menyembunyikan jendela program pada Taksbar.
b. Maximize/Restore: memaksimalkan ukuran jendela atau pengembalian ukuran jendela pada tampilan awal.
c. Close: untuk menutup jendela program.
a. Minimize: untuk menyembunyikan jendela program pada Taksbar.
b. Maximize/Restore: memaksimalkan ukuran jendela atau pengembalian ukuran jendela pada tampilan awal.
c. Close: untuk menutup jendela program.
- Tab Menu dan Ribbon (Ribbon Menu)
Merupakan tempat menu-menu perintah yang
digunakan untuk mengedit dokumen Ribbon Menu terdiri atas Menu Bar dan
Toolbars. Baris Menu ini berisi tentang barisan perintah menu. yaitu menu Home,
Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View. Sedangkan Toolbars
berisi tombol perintah menu yang merupakan isi dan menu-menu perintah dalam
menu bar. Tampilan Menu Bar berubah ubah tergantung menu yang diaktifkan.
Toolbars ini dikelompokkan ke dalam Ribbon.
- Dokumen Area
Terletak di tengah jendela berupa area putih seperti kertas
kosong yang siap untuk ditulisi. daerah ini berfungsi untuk tempat mengetik dan
mengedit dokumen.
- Kursor
Merupakan garis tegak berkedip. Semua karakter yang diketik akan muncul dari kursor ini. - Scroll Bar
Berfungsi untuk menggeser layar dokumen kerja ke kiri atau ke kanan,
gunakan Horozontal Scroll Bar sedangkan jika untuk menggeser layar dokumen
kerja ke atas dan ke bawah, gunakan Vertikal Scroll Bar.
- Status Bar
Menampilkan informasi tentang posisi kursor, jumlah halaman, jumlah kata,
serta informasi lain tentang dokumen yang sedang dikerjakan.
B. Fungsi dan Menu Ikon Microsof Word 2007
1. Office Button
Office Button berisi ikon-ikon sebagai berikut :
Nama
|
Fungsi
|
New
|
New adalah pilihan untuk membuat dokumen baru.
|
Open
|
Open adalah pilihan untuk membuka kembali dokumen yang telah disimpan.
|
Save
|
Save adalah pilihan untuk menyimpan dokumen yang telah disimpan setelah
diubah.
|
Save As
|
Save As adalah pilihan untuk menyimpan dokumen baru atau dokumen lama
dengan nama yang berbeda.
|
Print
|
Print adalah pilihan untuk mencetak dokumen.
|
Prepare
|
Prepare adalah pilihan untuk persiapan publikasi dokumen.
|
Send
|
Send adalah pilihan mengirimkan dokumen melalui e-mail atau internet
Faximile.
|
Publish
|
Publish adalah pilihan untuk mengunggah dokumen ke internet melalui blog
atau dokumen managemen server.
|
Close
|
Close adalah pilihan untuk menutup lembar kerja.
|
2. Tab Menu Insert
berisi perintah untuk menyisipkanobjek pada
dokumen seperti gambar, table, grafik, dsb.
a. Tables
Nama
|
Fungsi
|
Pivot Table
|
Meringkas data menggunakan Tabel Pivot atau untuk menyisipkan Chart
Pivot.
|
Table
|
Untuk membuat tabel.
|
b.Ilustrations
Nama
|
Fungsi
|
Picture
|
Menyisipkan gambar.
|
Clip Art
|
Menyisipkan gambar Clip Art.
|
Shapes
|
Menyisipkan bentuk-bentuk dasar.
|
SmartArt
|
Menyisipkan grafik SmartArt.
|
c. Charts
Nama
|
Fungsi
|
Column
|
Menyisipkan grafik batang.
|
Line
|
Menyisipkan grafik garis.
|
Pie
|
Menyisipkan grafik pie.
|
Bar
|
Menyisipkan grafik dalam bentuk mendatar.
|
Area
|
Menyisipkan grafik area.
|
Scatter
|
Menyisipkan grafik scatter (menyebar).
|
Other Charts
|
Pilihan grafik yang lain.
|
d. Links
e.Text
Nama
|
Fungsi
|
Text Box
|
Menambah text box (kotak teks).
|
Header & Footer
|
Menambah header dan footer dokumen.
|
Word Art
|
Menambah tulisan artistik WordArt.
|
Signature Line
|
Menambah garis tanda tangan.
|
Object
|
Menambah objek Microsoft Office.
|
Symbol
|
Menambah simbol-simbol.
|
3. Tab Menu Home
Menu Home berisi operasi standar pada pengolahan
data Ms Excel, seperti menyalin data, mengatur huruf, perataan teks, dan lain
sebagainya. Ribbon yang terdapat pada menu Home adalah :
a. Clipboard
Nama
|
Fungsi
|
Paste
|
Menampilkan data hasil Cut atau Copy
|
Cut
|
Memindahkan data dengan cara dipotong
|
Copy
|
Menyalin data
|
Format Pointer
|
Menyalin format data dan mengaplikasikan pada data yang lain.
|
b. Font
Nama
|
Fungsi
|
Font
|
Mengatur pilihan jenis huruf
|
Font size
|
Mengatur pilihan ukuran huruf
|
Bold
|
Membuat cetakan huruf tebal
|
Italic
|
Membuat cetakan huruf miring
|
Underline
|
Membuat cetakan huruf garis bawah
|
Increase Font size
|
Menambah ukuran huruf
|
Decrease Font size
|
Mengurangi ukuran huruf
|
Border
|
Menambah bingkai pada tabel
|
Fill color
|
Memberi warna pada tabel
|
Font color
|
Memberi warna pada huruf
|
c. Alignment
Nama
|
Fungsi
|
Top Align
|
Mengatur posisi teks berada di atas
|
Middle Align
|
Mengatur posisi teks berada di tengah
|
Button Align
|
Mengatur posisi teks berada di bawah
|
Orientation
|
Mengatur posisi teks dengan posisi menurun atau miring.
|
Align Text Left
|
Mengatur paragraf rata kiri
|
Align Text Center
|
Mengatur paragraf rata tengah
|
Align Text Right
|
Mengatur paragraf rata kanan
|
Decrease Indent
|
Mengatur teks menjorok keluar
|
Increase Indent
|
Mengatur teks menjorok ke dalam
|
Wrap Text
|
Menampilkan data dalam satu sell dengan tampilan beberapa baris
|
Merge & Center
|
Menggabungkan dua sell atau lebih
|
d. Number
Nama
|
Fungsi
|
Number format
|
Mengatur format angka
|
Accounting number format
|
Mengatur format angka dalam laporan keuangan
|
Percent style
|
Menambah simbol persen (%)
|
Comma style
|
Menambah simbol koma (,)
|
Increase decimal
|
Menampilkan desimal secara lebih sederhana
|
Decrease decimal
|
Menambah angka desimal
|
e. Styles
Nama
|
Fungsi
|
Conditional formatting
|
Mengatur format dengan kondisi tertentu
|
Format as table
|
Mengatur format tabel
|
Cell style
|
Mengatur style cell
|
f. Cells
Nama
|
Fungsi
|
Insert
|
Menambah sell
|
Delete
|
Menghapus sell
|
Format
|
Mengatur sell
|
g. Editing
Nama
|
Fungsi
|
Sum
|
Bantuan penggunaan fungsi Excel
|
Fill
|
Meneruskan pola urutan angka
|
Clear
|
Menghapus segala sesuatu yang ada di dalam sell terpilih
|
Sort & filter
|
Mengatur data sehingga lebih mudah untuk menganalisis
|
Find & select
|
Mencari dan memilih teks tertentu, format atau jenis informasi dalam
workbook.
|
4. Page Layout
a. Themes
Nama
|
Fungsi
|
Themes
|
Mengatur tema dokumen.
|
Color
|
Mengatur warna pada tema.
|
Font
|
Mengatur huruf pada tema.
|
Effect
|
Mengubah efek untuk tema.
|
b. Page Setup
Nama
|
Fungsi
|
Margin
|
Mengatur batas tepi dokumen.
|
Orientation
|
Mengatur posisi dokumen.
|
Size
|
Mengatur pilihan ukuran dokumen.
|
Print Area
|
Menentukan lokasi yang akan dicetak.
|
Breaks
|
Memberi jarak dokumen.
|
Background
|
Mengatur latar dokumen.
|
Print Tiles
|
Menentukan baris dan kolom untuk diulang setiap mencetak.
|
c. Scale to Fit
Nama
|
Fungsi
|
Width
|
Menentukan lebar dokumen ketika dicetak.
|
Heigth
|
Menentukan panjang dokumen ketika dicetak.
|
Scale
|
Menentukan skala dokumen ketika dicetak dengan file Excel.
|
d. Sheet Options
Nama
|
Fungsi
|
Gridlines
|
Mengatur garis grid nampak/tidak nampak pada dokumen Excel maupun ketika
dicetak.
|
Heading
|
Mengatur heading nampak/tidak nampak pada dokumen Excel maupun ketika
dicetak.
|
C. Mengatur Tampilan
Microsof Word 2007
1. Mengatur Tampilan Menu
Kadang kala
tampilan lembar kerja kita terlihat terlalu sempit,mungkin karena monitor yang
kurang lebar,ditambah lagi daftar menu-menu/Ribbon yang ada di office 2007 yang
sedikit menyita tempat pula.Untuk mengatasi itu,kita dapat menghilangkan
tampilan daftar menu-menu/ribbon tersebut agar lembar kerja terlihat lebih
luas.Langkah-langkahnya sbb :
a. Aktifkan Microsoft
Office Word 2007,
b. Klik kanan pada
daftar menu-menu,(boleh di mana saja asal masih di area daftar
menu),
c. Kemudian pilih dan
klik “Minimize the ribbon”
d. Maka menu-menu
yang ada tidak akan terlihat lagi. Menu-menu tersebut akan hilang tetapi hanya
di Minimize atau di-hide. Untuk menampilkan menu-menunya lagi cukup klik salah
satu menu yang ada,misalnya menu insert,setelah menu diklik, maka secara
otomatis menu-menu yang ada di menu insert akan terlihat.
Dan otomatis akan hilang pada
saat kita klik kembali di area lembar kerja. Klik kembali salah satu menu
yang ada untuk menampilkan kembali.
a. Untuk
mengembalikannya seperti semula, cukup klik kanan kembali di area daftar menu
seperti dilangkah ke-2, kemudian hilangkan check list yang ada di “Minimize the
ribbon” maka menu-menu yang tadinya tidak tampil akan ditampilkan kembali
seperti semula
b. Untuk
cara tercepat,cukup tekan saja tombol Ctrl+F1 untuk menyembunyikan dan
menampilkan menu ribbon tersebut.
2. Mengatur Tampilan Ikon
Ikon-ikon yang
sering kita gunakan dapat ditampilkan pada Quick Access Toolbar sehingga lebih
mudah penggunaannya.Untuk mengatur ikon apa saja yang ditampilkan caranya :
a. Klik opsi pada
Quick Access Toolbar,
b. Pilih ikon yang akan
ditampilkan dengan cara daftar ikon,
c. Untuk memilih
ikon lain klik More Commands,
d. Pilih letak ikon
berasal,missal pada menu Home.Pilih ikon dengan cara klik ikon,kemudian klik
add terakhir klik OK,
e. Ikon yang dipilih
telah ditambahkan pada Quick Access.
0 comments:
Post a Comment