Saturday, 23 February 2013

Bab 4

Posted by Unknown at 05:48

     Program pengolah kata banyak jenisnya, misal: Microsoft Word Wordpad, Notepad, Latex dan Open Office Writer, dan masih banyak lagi. Dalam materi ini akan dibahas tentang Microsoft Word 2007. 
        
         Microsoft Word merupakan aplikasi program pengolah kata yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft yang mempunyai beberapa fungsi. Antara lain membuat surat menyurat, membuat karya tulis, skripsi dan lain-lain. Keunggulannya adalah mudah dalam pengoprasian, mudah memanajemen file dan fasilitas autorecovery bila terjadi padam listrik, kualitas baik dan bagus dalam percetakan, WYSIWYG (What You See Is What You Get), yaitu apa yang dilihat di monito akan sam dengan hasil cetakan. Selain itu Microsoft Word juga dapat melakukan pengiriman e-mail dan fax langsung terhubung dengan internet, mampu menyisipkan gambar dan grafik ataupun objek lainnya yang membuat naskah terlihat lebih menarik, serta memiliki kemampuan menyimpan file dalam bentuk web. 
            
           Dengan menggunakan perangkat ini pekerjaan pengolah kata yang akan kita lakukan akan lebih cepat dan mudah sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga. Ayo kita perdalam ilmu dengan mempelajari microsoft word. Tekunlah kamu belajar agarkamu menjadi orang yang terampil.

             A. Memulai Microsof Word 2007
        

Untuk memulai menggunakan program pengolah kata Microsoft Word 2007 langkah-langkahnya adalah:
      1.     Klik Start pada Taskbar,
     2.      Pilih All Program,
     3.      Pilih Microsoft Office,
     4.      Klik Microsoft Office Word 2007.
Cara lain untuk mengaktifakan program pengolah kata Microsoft Word 2007 adalah dengan double klik ikon shortcut Microsoft Office Word 2007 yang terdapat pada desktop.
Setelah kita klik Microsoft Word 2007 maka CPU akan memproses perintah yang kita berikan untuk membuka program Microsoft Word 2007.Sebagai tanda bahwa CPU telah melaksanakan perintah yang kita berikan pada desktop akan ditampilkan jendela program Microsoft Word.
        

     Bagian-bagian Microsoft Word
  1. Title Bar
    Title Bar (baris judul) berisi informasi atau nama dokumen yang sedang dijalankan pada program Microsoft word 2007.
  2. Office Button
    Merupakan tombol untuk mengaktifkan berbagai macam menu perintah.
  3. Quick Access Toolbar
Berisi tentang tombol-tombol menu yang digunakan uintuk memoercepat perintah dalam pengerjaan dokumen. Tombol-tombol pada Quick Access Toolbar merupakan shortcut dari perintah yang ada di Office Button.
  1. Option Bar
Merupakan deretan ikon untuk mengatur jendela program. Ikon pada Option Bar adalah :
a. Minimize: untuk menyembunyikan jendela program pada Taksbar.
b. Maximize/Restore: memaksimalkan ukuran jendela atau pengembalian ukuran    jendela pada tampilan awal.
c. Close: untuk menutup jendela program.
  1. Tab Menu dan Ribbon (Ribbon Menu)
      Merupakan tempat menu-menu perintah yang digunakan untuk mengedit dokumen Ribbon Menu terdiri atas Menu Bar dan Toolbars. Baris Menu ini berisi tentang barisan perintah menu. yaitu menu Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View. Sedangkan Toolbars berisi tombol perintah menu yang merupakan isi dan menu-menu perintah dalam menu bar. Tampilan Menu Bar berubah ubah tergantung menu yang diaktifkan. Toolbars ini dikelompokkan  ke dalam Ribbon.
  1. Dokumen Area
Terletak di tengah  jendela  berupa area putih seperti kertas kosong yang siap untuk ditulisi. daerah ini berfungsi untuk tempat mengetik dan mengedit dokumen.
  1. Kursor
    Merupakan garis tegak berkedip. Semua karakter yang diketik akan muncul dari kursor ini.
  2. Scroll Bar
Berfungsi untuk menggeser layar dokumen kerja ke kiri atau ke kanan, gunakan Horozontal Scroll Bar sedangkan jika untuk menggeser layar dokumen kerja ke atas dan ke bawah, gunakan Vertikal Scroll Bar.
  1. Status Bar
Menampilkan informasi tentang posisi kursor, jumlah halaman, jumlah kata, serta informasi lain tentang dokumen yang sedang dikerjakan.

B. Fungsi dan Menu Ikon Microsof Word 2007 


1.      Office Button
Office Button berisi ikon-ikon sebagai berikut :

Nama
Fungsi
New
New adalah pilihan untuk membuat dokumen baru.
Open
Open adalah pilihan untuk membuka kembali dokumen yang telah disimpan.
Save
Save adalah pilihan untuk menyimpan dokumen yang telah disimpan setelah diubah.
Save As
Save As adalah pilihan untuk menyimpan dokumen baru atau dokumen lama dengan nama yang berbeda.
Print
Print adalah pilihan untuk mencetak dokumen.
Prepare
Prepare adalah pilihan untuk persiapan publikasi dokumen.
Send
Send adalah pilihan mengirimkan dokumen melalui e-mail atau internet Faximile.
Publish
Publish adalah pilihan untuk mengunggah dokumen ke internet melalui blog atau dokumen managemen server.
Close
Close adalah pilihan untuk menutup lembar kerja.
2.      Tab Menu Insert
berisi perintah untuk menyisipkanobjek pada dokumen seperti gambar, table, grafik, dsb.

a. Tables
Nama
Fungsi
Pivot Table
Meringkas data menggunakan Tabel Pivot atau untuk menyisipkan Chart Pivot.
Table
Untuk membuat tabel.

b.Ilustrations
Nama
Fungsi
Picture
Menyisipkan gambar.
Clip Art
Menyisipkan gambar Clip Art.
Shapes
Menyisipkan bentuk-bentuk dasar.
SmartArt
Menyisipkan grafik SmartArt.

c. Charts
Nama
Fungsi
Column
Menyisipkan grafik batang.
Line
Menyisipkan grafik garis.
Pie
Menyisipkan grafik pie.
Bar
Menyisipkan grafik dalam bentuk mendatar.
Area
Menyisipkan grafik area.
Scatter
Menyisipkan grafik scatter (menyebar).
Other Charts
Pilihan  grafik yang lain.
d. Links

e.Text
Nama
Fungsi
Text Box
Menambah text box (kotak teks).
Header & Footer
Menambah header dan footer dokumen.
Word Art
Menambah tulisan artistik WordArt.
Signature Line
Menambah garis tanda tangan.
Object
Menambah objek Microsoft Office.
Symbol
Menambah simbol-simbol.

3.  Tab Menu Home
Menu Home berisi operasi standar pada pengolahan data Ms Excel, seperti menyalin data, mengatur huruf, perataan teks, dan lain sebagainya. Ribbon yang terdapat pada menu Home adalah :
a. Clipboard
Nama
Fungsi
Paste
Menampilkan data hasil Cut atau Copy
Cut
Memindahkan data dengan cara dipotong
Copy
Menyalin data
Format Pointer
Menyalin format data dan mengaplikasikan pada data yang lain.

b. Font
Nama
Fungsi
Font
Mengatur pilihan jenis huruf
Font size
Mengatur pilihan ukuran huruf
Bold
Membuat cetakan huruf tebal
Italic
Membuat cetakan huruf miring
Underline
Membuat cetakan huruf garis bawah
Increase Font size
Menambah ukuran huruf
Decrease Font size
Mengurangi ukuran huruf
Border
Menambah bingkai pada tabel
Fill color
Memberi warna pada tabel
Font color
Memberi warna pada huruf

c. Alignment
Nama
Fungsi
Top Align
Mengatur posisi teks berada di atas
Middle Align
Mengatur posisi teks berada di tengah
Button Align
Mengatur posisi teks berada di bawah
Orientation
Mengatur posisi teks dengan posisi menurun atau miring.
Align Text Left
Mengatur paragraf rata kiri
Align Text Center
Mengatur paragraf rata tengah
Align Text Right
Mengatur paragraf rata kanan
Decrease Indent
Mengatur teks menjorok keluar
Increase Indent
Mengatur teks menjorok ke dalam
Wrap Text
Menampilkan data dalam satu sell dengan tampilan beberapa baris
Merge & Center
Menggabungkan dua sell atau lebih

d. Number
Nama
Fungsi
Number format
Mengatur format angka
Accounting number format
Mengatur format angka dalam laporan keuangan
Percent style
Menambah simbol persen (%)
Comma style
Menambah simbol koma (,)
Increase decimal
Menampilkan desimal secara lebih sederhana
Decrease decimal
Menambah angka desimal

e. Styles
Nama
Fungsi
Conditional formatting
Mengatur format dengan kondisi tertentu
Format as table
Mengatur format tabel
Cell style
Mengatur style cell

f. Cells
Nama
Fungsi
Insert
Menambah sell
Delete
Menghapus sell
Format
Mengatur sell

g. Editing
Nama
Fungsi
Sum
Bantuan penggunaan fungsi Excel
Fill
Meneruskan pola urutan angka
Clear
Menghapus segala sesuatu yang ada di dalam sell terpilih
Sort & filter
Mengatur data sehingga lebih mudah untuk menganalisis
Find & select
Mencari dan memilih teks tertentu, format atau jenis informasi dalam workbook.

4.      Page Layout

a. Themes
Nama
Fungsi
Themes
Mengatur tema dokumen.
Color
Mengatur warna pada tema.
Font
Mengatur huruf pada tema.
Effect
Mengubah efek untuk tema.

b. Page Setup
Nama
Fungsi
Margin
Mengatur batas tepi dokumen.
Orientation
Mengatur posisi dokumen.
Size
Mengatur pilihan ukuran dokumen.
Print Area
Menentukan lokasi yang akan dicetak.
Breaks
Memberi jarak dokumen.
Background
Mengatur latar dokumen.
Print Tiles
Menentukan baris dan kolom untuk diulang setiap mencetak.

c. Scale to Fit
Nama
Fungsi
Width
Menentukan lebar dokumen ketika dicetak.
Heigth
Menentukan panjang dokumen ketika dicetak.
Scale
Menentukan skala dokumen ketika dicetak dengan file Excel.

d. Sheet Options
Nama
Fungsi
Gridlines
Mengatur garis grid nampak/tidak nampak pada dokumen Excel maupun ketika dicetak.
Heading
Mengatur heading nampak/tidak nampak pada dokumen Excel maupun ketika dicetak.

C. Mengatur Tampilan  Microsof Word 2007
1. Mengatur Tampilan Menu
   Kadang kala tampilan lembar kerja kita terlihat terlalu sempit,mungkin karena monitor yang kurang lebar,ditambah lagi daftar menu-menu/Ribbon yang ada di office 2007 yang sedikit menyita tempat pula.Untuk mengatasi itu,kita dapat menghilangkan tampilan daftar menu-menu/ribbon tersebut agar lembar kerja terlihat lebih luas.Langkah-langkahnya sbb :
a.   Aktifkan Microsoft Office Word 2007,
b.  Klik kanan pada daftar menu-menu,(boleh di mana saja asal masih di area daftar   menu),
c.  Kemudian pilih dan klik “Minimize the ribbon”
d.  Maka menu-menu yang ada tidak akan terlihat lagi. Menu-menu tersebut akan hilang tetapi hanya di Minimize atau di-hide. Untuk menampilkan menu-menunya lagi cukup klik salah satu menu yang ada,misalnya menu insert,setelah menu diklik, maka secara otomatis menu-menu yang ada di menu insert akan terlihat.
Dan otomatis akan hilang pada saat kita klik kembali di area lembar kerja. Klik kembali salah satu menu yang ada untuk menampilkan kembali.
a.  Untuk mengembalikannya seperti semula, cukup klik kanan kembali di area daftar menu seperti dilangkah ke-2, kemudian hilangkan check list yang ada di “Minimize the ribbon” maka menu-menu yang tadinya tidak tampil akan ditampilkan kembali seperti semula
b.      Untuk cara tercepat,cukup tekan saja tombol Ctrl+F1 untuk menyembunyikan dan menampilkan menu ribbon tersebut.


2.      Mengatur Tampilan Ikon
    Ikon-ikon yang sering kita gunakan dapat ditampilkan pada Quick Access Toolbar sehingga lebih mudah penggunaannya.Untuk mengatur ikon apa saja yang ditampilkan caranya :
a.    Klik opsi pada Quick Access Toolbar,
b.   Pilih ikon yang akan ditampilkan dengan cara daftar ikon,
c.    Untuk memilih ikon lain klik More Commands,
d. Pilih letak ikon berasal,missal pada menu Home.Pilih ikon dengan cara klik ikon,kemudian klik add terakhir klik OK,
e.   Ikon yang dipilih telah ditambahkan pada Quick Access.


0 comments:

Post a Comment

 

Don't forget to come back another time ◦^⌣^◦ Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos